Close

Gatal Pada Bekas Operasi

Assalamualaikum dr. Teguh.
Saya ingin bertanya mengenai gatal pada kulit yang saya alami. Pada kaki kanan saya ada bekas luka jahitan operasi karena patah tulang. Pada awalnya bekas luka jahitan tersebut tidak menimbulkan gatal.
Namun setelah saya mengalami operasi kedua kalinya untunk pengangkatan pen, bekas jahitan yang sudah sembuh itu kemudian menjadi gatal. Karena rasa gatal itu kemudian saya garuk-garuk sehingga kulit disekitas bekas luka menjadi kering dan terkadang luka.
Yang ingin saya tanyakan, obat apa yang kira-kira dapat meredakan rasa gatal yang timbul pada bekas luka jahitan tersebut. Karena selama ini saya hanya menyiram kaki dengan air mengalir agar rasa gatal tersebut dapat mereda. Terima kasih atas perhatiannya.
Wassalamualaikum wr, wb.
Sindy
marin at eramuslim.com

Jawaban

Wa'alaikum salam wr, wb.
Salam sehat Mba Sindy. Semoga kita semua selalu diberikan ni'mat kesehatan yang berlimpah dari Allah SWT.
Gatal pada bekas luka itu sebenarnya kejadian yang sering dialami oleh banyak orang. Mengapa? Karena pada pertumbuhan kulit baru yang menutup luka akan membentuk jaringan granulasi (sel tumbuh) yang banyak mengeluarkan histamin.
Zat inilah yang membuat gatal. Makin dalam dan lebar luka, maka kejadian gatal akan makin terasa. Mungkin pada operasi pertama, tidak menyayat jaringan secara lebar dan dalam. Atau bisa jadi pada operasi pertama tidak mengenai saraf pencetus gatal, sedangkan pada operasi yang kedua terkena jaringan saraf tersebut.
Namun tetap saja pengobatan klasik yang diberikan dokter adalah pengobatan dengan anti-histamin yang diminum peroral. Bila ternyata Mba Sindy mempunyai alergi, maka akan ditambah pula obat anti-alergi. Obat ini bisa diberikan oral maupun bentuk salep atau krim.
Yang terpenting seminimal mungkin melukai bekas luka tesebut dengan garukan, baik tangan ataupun benda lain. Ada juga lho mba, yang saking gatalnya disiram pakai air panas, agar gatal tersebut menghilang.
Wallahu a'lam bishshawab


info produk di sini..
harga : disini 
cara pembelian :disini





sumber terkait eramuslim.com