Close

Asam Folat dan Keputihan


Assalamu'alaikum wr, wb.

Ma'af pak, saya ingin menanyakan masalah kandungan saya:

1. Saya sering mengalami infeksi kandungan, yang disertai keputihan dan kadang disertai dengan agak gatal. Keputihannya kadang kental, tetapi kadang encer (seperti menstruasi).

2. Jika infeksi sedang timbul, perut bagian bawah terasa panas, atas pantat bag. belakang panas (kadang di tengah, tetapi kadangyangsebelah kanan/kiri)

3. Saya pernah berobat herba, dengan tusuk jarum dan obat. Karena dikhawatirkan ada kista (walaupun dengan USG tidak pernah ketemu penyakitnya). Alhamdulillah, ada kemajuan, tadinya menstruasi saya selama 15 - 18 hari, tetapi sekarang 10 - 12 hari. Dan pengobatan sekarang sudah selesai. (awalnya dengan pengecekan Iridologi)

4. Tetapi sampai sekarang rasa panas di perut dan pantat kadang-kadang masih ada, keputihan juga masih ada.

5. Saya pernah di kasih dokter asam folat, dan sewaktu minum obat tersebut rasanya agak enak.

Pertanyaan saya:

1. Sebenarnya kenapa kok saya sering mengalami infeksi kandungan?

2. Bolehkah asam folat itu diminum terus?

3. Pemeriksaan/pengobatan apalagiyangharus saya lakukan?

Trimakasih atas jawabannya.

Wassalamu'alaikum wr, wb.

Rini
Jawaban

Wa'alaikumsalam. wr, wb.

Saudari Rini Yth,

Apa yang anda alami adalah jenis keputihan patologis yang disebabkan oleh infeksi atau peradangan. Ciri khas dari keputihan jenis ini adalah keluarnya lendir kental yang berwarna agak kuning sampai hijau yang berbau. Jenis ini disertai timbulnya rasa gatal yang sangat menggangu di sekitar alat genital, rasa sakit atau nyeri saat melakukan hubungan suami-isteri dan lain-lain.

Sedangkan jenis keputihan yang lainnya adalah fisiologis disebut juga keputihan normal. Keputihan jenis ini ditandai keluarnya lendir encer dan bening. Lendir ini tak menimbulkan rasa gatal di sekitar vagina dan tidak menimbulkan bau anyir (amis). Keputihan jenis ini pada umumnya pernah dialami wanita dan bersifat normal.

Penyebab terjadinya keputihan bermacam-macam. Keputihan dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri seperti Gonococcus (penyebab penyakit GO), Chlamydia trichomatis, Gardenella, dan Treponema pallidum (penyebab Sifilis), adanya infeksi jamur seperti Candida, adanya infeksi parasit seperti Trichomonas vaginalis, serta adanya infeksi virus seperti Condyloma acuminata dan Herpes. Keputihan juga dapat terjadi karena menderita sakit dalam waktu lama, kurang gizi, anemia, stres, kurang terjaganya kebersihan sehingga berakibat timbulnya jamur atau parasit.

Keputihan juga dapat disebabkan oleh benda-benda yang dimasukkan secara sengaja atau tidak ke dalam vagina misalnya tampon, obat atau alat kontrasepsi, rambut kemaluan serta benang (misal berasal dari selimut, celana dan lain-lain). Bila keputihan tidak diatasi segera, maka akan menyebabkan terjadinya endometriosis.

Penyebab anda sering mengalami gangguan pada sistem reproduksi anda bisa disebabkan banyak hal seperti sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kurang serat, zat-zat tambahan sintetik pada makanan, kurang olah raga, merokok, polusi, virus, sering stres, dan masih banyak lagi yang lain. Di samping itu, faktor genetik juga berpengaruh.

Untuk mengatasinya, biasakan membasuh vagina dengan cara yang baik dan benar yaitu dengan gerakan dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Cucilah dengan air bersih (bukan dengan cairan pembersih khusus wanita) setiap kali anda buang air kecil dan pada saat mandi. Begitu pula penggantian pembalut wanita pada waktunya selama masa menstruasi akan banyak menolong agar terjaga kebersihan alat kelamin.

Cobalah anda mengkonsumsi Paramaria Plus, Herba Keputihan, Health B. Ketiga herba ini selain bisa mengatasi keputihan, juga membantu mengatasi berbagai masalah kaum wanita. Caranya, minum 1 kapsul untuk pagi hari dan 2 kapsul pada malam untuk ketiga herba tersebut. Sangat dianjurkan diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Mengenai asam folat atau folic acid merupakan salah satu Vitamin B yang diperlukan oleh janin di minggu-minggu pertama dari kehamilan. Pada anak dan dewasa, vitamin ini dapat membantu mencegah kurang darah. Vitamin ini umumnya banyak terdapat di sayuran hijau.

Zat yang sering juga disebut folacin, folate atau vitamin B9 ini sangat esensial untuk metabolisme asam lemak rantai panjang pada otak. Dijumpai pada pisang, jus jeruk, sereal yang telah difortifikasi, lemon, stroberi, sayuran dan kacang yang telah dikeringkan. Asam folat sangat penting bagi perempuan yang merencanakan kehamilan.

Kekurangan konsumsi asam folat bisa berdampak lahirnya bayi-bayi cacat yang sudah terbentuk sejak dua sampai empat minggu kehamilan. Cacat ini sudah muncul bahkan sebelum si ibu menyadari dirinya hamil.

Tipe cacat bawaan yang paling banyak diderita adalah spina bifida, yakni sebanyak 65 persen dari ibu hamil yang kekurangan asam folat. Cacat ini berupa terbukanya tabung saraf di tulang belakang karena penutupannya tidak terjadi sempurna ketika janin terbentuk dalam kandungan.

Tipe lain adalah anencephaly, sebanyak 25 persen, yakni tidak terbentuknya tengkorak kepala bayi. Dan kasus yang paling langka adalah encephalocele, munculnya tonjolan di belakang kepala yang hanya diderita 10 persen bayi.

Normalnya, manusia membutuhkan 400 mcg. Sedangkan wanita hamil membutuhkan 800 mcg asam folat sehari. Walaupun manusia memiliki bakteri yang memproduksi folat di dalam sistem pencernaannya, namun, kontribusinya relatif kecil. Tak hanya itu saja, konsumsi asam folat dari makanan alamiah sehari-hari relatif sangat kecil, bahkan mencapai 50 persen saja dari kebutuhan harian. Sementara itu, asam folat sintetis yang dikonsumsi, daya serapnya mencapai 85-100 persen.

Di dalam tubuh, cadangan asam folat di simpan di hati. Bila kita mengonsumsi asam folat secara berlebihan, maka tubuh akan membuangnya melalui sistem urine. Karena keterbatasan serapan asam folat dari makanan sehari-hari itu, maka dia menyarankan agar menambah folat dari sumber lain. Sumber tersebut berasal dari makanan yang difortifikasi atau suplemen asam folat yang banyak tersedia di pasaran.

Tanda-tanda kekurangan asam folat seringkali tidak jelas. Tanda-tanda tidak khas seperti tidak nafsu makan, berat badan turun bahkan diare mungkin saja muncul. Bayi dengan berat badan lahir rendah atau kelahiran prematur dapat merupakan akibat dari defisiensi folat saat kehamilan.

Tanda yang juga dapat terlihat pada orang dewasa adalah anemia megaloblastik. Sedangkan pada anak-anak, defisiensi asam folat seringkali bermanifestasi dalam bentuk gangguan tumbuh kembang. Jika anda merencanakan untuk hamil atau sedang hamil saat ini, sebaiknya konsultasikan ke ahli gizi untuk memperoleh informasi jumlah asupan asam folat yang tepat untuk tubuh agar tidak terjadi kekurangan yang bisa menyebabkan gangguan metabolisme tubuh dan janin nantinya.

Dilihat dari uraian di atas, jika anda ingin mengonsumsi asam folat, sebaiknya langsung dari sayur-sayuran atau madu, karena sifatnya yang organik sehingga mudah diserap oleh tubuh. Sejatinya, asam folat tidak ada hubungannya dengan keluhan anda tersebut.


info produk di sini..
harga : disini 
cara pembelian :disini