Close

TIPS ATURAN KEAMANAN TUBUH UNTUK ANAK

TIPS ATURAN KEAMANAN TUBUH UNTUK ANAK
Ajarkan anak-anak cara melindungi tubuh mereka sendiri agar terhindar dari ancaman kekerasan seksual.
TIPS #1
Tubuhku adalah tubuhku dan ini adalah milikku!
Ajarkan pada anak untuk mengatakan "Tidak" Bila mereka tidak ingin dicium atau memeluk seseorang.
Mereka bisa bersalaman,tos, atau memberi "cium jauh" sebagai gantinya.
TIPS #2
Ajarkan pada anak bahwa mereka bisa memberi tahu setidaknya 5 orang dewasa yang mereka bisa percaya dan percaya pada mereka. Minta anak membuat daftar "safety network" mereka.
Saat anak merasa takut,tidak nyaman atau terancam mereka bisa memberitahu salah satu dari kelima orang tersebut. Bisa orang tua, kakek-nenek, dokter mereka, atau guru di sekolah.
TIPS #3
Anak-anak kadang tidak mengerti bila kita hanya mengatakan "rasa terancam" atau apa itu "tidak nyaman", berikan ilustrasi yang lebih jelas agar mereka lebih paham.
Jelaskan tentang tanda-tanda seperti berkeringat banyak,sakit perut,gemetar ,atau tanda lain yang anda kenali saat anak anda merasa takut atau tidak nyaman.
Bila mereka merasa seperti tanda-tanda itu mereka bisa memberi tahu orang dewasa yang mereka percaya.
TIPS #4
Ajarkan pada anak untuk tidak menyimpan rahasia terlebih bila itu tentang hal yang membuat mereka merasa tidak nyaman atau terancam.Juga bila ada seseorang yang meminta mereka merahasiakan hal itu.
Minta anak untuk bercerita kepada orang yang mereka percayai.
TIPS #5
Penting untuk mengajarkan anak-anak tentang bagian pribadi mereka. Ajar dan jelaskan dengan cara yang sesuai umur mereka.
Beritahu mereka bahwa tidak seharusnya anggota tubuh tersebut dilihat/dipegang oleh orang.
Juga bila ada orang yang menunjukkan pada anak bagian pribadi mereka,anak harus segera memberi tahu seseorang dalam safety network.
Salam
SHARE AGAR LEBIH BERMANFAAT