Close

Mengenal Mind Mapping, Belajar Asyik Buat Anak

MENGENAL 'MIND MAPPING' UNTUK BELAJAR LEBIH ASYIK
Si kecil sulit mengingat pelajaran di sekolah?
Yuk coba Mind Mapping! Metode ini dapat menjadi alternatif teknik belajar yang optimal dan asyik.
Kesulitan mengingat pelajaran di sekolah seringkali menghambat kelancaran anak dalam mengerjakan soal ujian. Sekadar mengandalkan daya tangkap dalam menyimak penjelasan guru di kelas kadang menjenuhkan, dan---pada beberapa anak---kurang berhasil baik. Si kecil butuh metode belajar yang dapat membantunya memahami pelajaran di kelas dengan maksimal. Mind Mapping, yang merupakan teknik mencatat dengan mengembangkan gaya belajar visual, dapat menjadi solusi.
"A Mind Map is a powerful graphic technique which provides a universal key to unlock the potential of the brain," demikian ungkap Tony Buzzan, pencipta metode tersebut, yang menggunakan grafik sebagai salah satu cara meningkatkan kemampuan kognitif anak. Teknik pemetaan pikiran ini menggunakan gambar dan tulisan yang memberikan akselerasi cepat dalam merangkum pelajaran. Mind Mapping melatih anak untuk menggunakan kedua belah otak (kanan dan kiri) secara bersamaan. Aktivitas belajar yang melibatkan kedua bagian otak inilah yang akan memudahkan anak untuk mengingat pelajaran, baik verbal maupun nonverbal. Kombinasi antara gambar, kata, angka, logika, dan warna membuat otak si kecil lebih cepat menyerap materi pelajaran yang diberikan.
Seorang guru SD bernama Ika PS ,menuliskan pengalamannya mengajar dengan mind mapping. Ika menulis,
"Sistem ini sering saya gunakan ketika mengajar di kelas 3 pada tahun 2008. Kompleksnya materi siswa dengan sekian banyak mata pelajaran dan penggunaan bilingual untuk Science dan Mathematics mengharuskan saya mengajar dengan kreatif dan menyenangkan. Awalnya mungkin membingungkan, karena hanya berupa bagan dan panah.
Namun, setelah melihat contoh langsung dalam buku Tony Buzzan, Mind Map for Children, saya optimis, siswa saya pun bisa menerapkan.
Dan ternyata, mereka suka dan belajar jadi menyenangkan bahkan untuk materi yang tadinya mereka anggap susah. Hingga adakalanya mereka sendiri yang berkreasi dalam membuat mind map."
Mengapa Mind Map begitu menyenangkan?
1. Anak-anak tidak dibebani oleh begitu banyak hafalan materi karena hanya kata-kata kunci saja yang harus diingat.
2. Anak-anak termotivasi untuk belajar karena mereka boleh meletakkan gambar dan warna sesuai minatnya.
3. Meringankan kerja otak anak-anak.
4. Menyeimbangkan otak kanan dan kir.i
Membuat Mind Mapping tidaklah sulit, hanya perlu menyiapkan selembar kertas kosong, dan letakkan dalam posisi horizontal. Tulis topik utama yang akan dibahas/dipelajari di tengah halaman kertas, juga dalam posisi horizontal. Lalu, kembangkan topik utama tersebut dengan membuat banyak cabang di sekelilingnya, dan tuliskan beberapa hal turunan dari topik utama sebagai topik yang lebih kecil.
Tips Mudah Mengajarkan Mind Map:
1. Buat ringkasan terlebih dahulu tentang materinya.
2. Pilih beberapa kata kunci, sebisa mungkin 1 kata saja.
Contoh: Pelajaran Energi, kata kunci : jenis, contoh, benda, dll.
3. Mintalah anak menggunakan pena warna warni dan membuat atau menggunting gambar dari majalah bekas.
4. Review dan ajarkan cara membacanya.
Sebenarnya, untuk software mind map juga banyak tersedia namun menerapkan secara manual lebih seru dan bebas berkreasi.
Selamat mencoba! :)