Close

Pesona Keindahan Wisata Wonogiri yang Patut Dikunjungi



Wonogiri merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah yang terletak tak jauh dari Kabupaten Sukoharjo, tempat wisata di Wonogiri memang masih kalah populer dengan tempat wisata di kota-kota tetangganya.

Namun, ternyata tempat wisata di Wonogiri tak kalah keren dan sayang untuk dilewatkan lho, terutama wisata alam, Wonogiri sendiri terkenal dengan sebutan Kota Gaplek.


Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Gunung Kidul di Jogja menjadikan karakteristik alam di Wonogiri tak jauh berbeda dengan Gunung Kidul yang terkenal dengan banyaknya wisata alam keren.

Nah, bagi kamu yang akan berlibur ke Wonogiri tapi bingung mau kemana, dibawah ini merupakan daftar tempat wisata di Wonogiri yang wajib kamu kunjungi, mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah, yuk kita simak.

 Pesona Keindahan Objek Wisata Bukit Cumbri di Kepyar Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Bukit Cumbri di Kepyar Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah kenyar juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Bukit Cumbri di Kepyar Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Bukit Cumbri di Kepyar Wonogiri Jawa Tengah merupakan satu dari ribuan bukit yang ada di Indonesia. Namanya semakin dikenal dikalangan para Dolaners sejak kemunculannya di media sosial.

Karena memang kecanggihan media sosial terbukti ampuh untuk mengenalkan dan menaikkan popularitas dari suatu lokasi. Keindahan panoramanya yang bak surga di dunia, menjadikan Bukit Cumbri tak salah jika dijadikan destinasi buruan bagi para penikmat traveling. Iming iming yang diberikan tempat wisata yang berada di pinggir kota Wonogiri ini memang sangat menggiurkan. Berada di ketinggian 638 mdpl menjadikan Bukit Cumbri memiliki keistimewaan tersendiri.

Dari ketinggoan Dolaners akan disuguhi pemandangan bagai berdiri di atas awan.terletak di antara perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, yakni tepatnya di Desa Kepyar, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri dan juga masuk di Desa Pager Ukir, Kecamatan Sampung, Kota Ponorogo. Ya, memang Bukit Cumbri ini berada di lokasi yang merupakan daerah yang terbagi ke dalam 2 wilayah, yakni Wonogiri dan Ponorogo.ntuk bisa sampai ke Bukit Cumbri, rute yang harus Dolaners lewati yakni menyusuri jalan Wonogiri menuju Ponorogo atau Purwantoro menuju Ponorogo 

2. Pesona Keindahan Objek Wisata Waduk Gajah Mungkur di Sendang Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Waduk Gajah Mungkur di Sendang Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sendang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Waduk Gajah Mungkur di Sendang Wonogiri Jawa Tengah ini.  Waduk Wonogiri merupakan waduk yang dibangun dengan membendung aliran air sungai Bengawan Solo. Waduk ini bertujuan untuk tujuan pertanian, yaitu dapat menyediakan air irigasi bagi lahan pertanian di Kabupaten Sragen, Karanganyar, Sukoharjo dan Klaten.

Selain utnuk tujuan pertanian, waduk ini juga difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik atau PLTA. Waduk Gajah Mungkur dibangun diatas tanah seluas 8800 ha dan mulai dibangu pada tahun 1978. Banyak kontroversi seputar pembangunan Waduk Gajah Mungkur ini, salah satunya adalah pemindahan penduduk yang terdapat di lokasi pembangunan waduk.Waduk Gajah Mungkur mulai dibangun tahun 1976 sampai dengan tahun 1981. Lokasi pembangunannya di hilir pertemuan kali Keduang dengan luas genangan mencapai 8800 ha. Luas lahan yang dibebaskan secara keseluruhan adalah 90 km2 yang pada waktu itu terdiri dari 51 desa dan 7 kecamatan.

Pengerjaan pembangunan Waduk Gajah Mungkur dilakukan secara swakelola dengan bantuan konsultan dari Nippon Koei Co, Ltd Jepang. Pada proses pembebasan lahan ini tercatat ada 12525 KK dengan total 68750 jiwa yang harus meninggalkan tanah kelahirannya utnuk melakukan transmigrasi bedhol desa ke beberapa wilayah di Sumatera.Konon kabarnya pada waktu itu tidak semua warga bersedia untuk direlokasi dari tanah tempat tinggalnya, akhirnya pemerintah waktu itu yang masih dikuasai rezim orde baru menenggelamkan mereka beserta harta bendanya dengan cara mengaliri waduk yang sudah jadi itu. 

3. Pesona Keindahan Objek Wisata Pantai Nampu di Gunturharjo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Pantai Nampu di Gunturharjo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah gunturharjo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Pantai Nampu di Gunturharjo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Pantai Nampu di Gunturharjo Wonogiri Jawa Tengah  merupakan salah satu obyek wisata pantai yang terletak di daerah Wonogiri tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Wonogiri.

Jarak tempuh menuju Wisata Pantai Nampu dari Kota Wonogiri sekitar 70 km atau sekitar 2 jam perjalanan dari kota Wonogiri. Wisata Pantai Nampu di Gunturharjo Wonogiri Jawa Tengah menawarkan keindahan alam dengan hamparan pasir putih dan batu karang yang masih terjaga kealamiannya, deburan ombak yang beradu dengan batuan karang menjadi salah satu titik keindahan yang dimiliki pantai ini.

Pantai Nampu memiliki sekitar 3 titik pantai yang dipisahkan oleh gundukan daratan hijau.merupakan salah satu wisata pantai yang masih tergolong perawan, jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, Krakal, Baron, ataupun pantai lainnya. Potensi wisata Pantai Nampu  sungguh luar biasa.

Walaupun berada di pelosok yang jauh dari perkotaan, namun akses menuju pantai ini sudah sangat baik dan nyaman untuk dilalui. Saat anda berkunjung ke Pantai ini, sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi dikarenakan belum ada angkutan umum yang menuju ke kawasan wisata pantai ini. 
  

4. Pesona Keindahan Objek Wisata Pantai Banyutowo di Gudangharjo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Pantai Banyutowo di Gudangharjo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonogiri juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Pantai Banyutowo di Gudangharjo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Pantai Banyutowo di Wonogiri Jawa Tengah, Tempat Wisata Terindah - Selain Tempat wisata Pantai Nampu, Kabupaten Wonogiri juga memiliki loaksi wisata pantai yang lain, yaitu Pantai Banyutowo. 

 Pantai Banytowo di Wonogiri memiliki keistimewaan tersendiri dibanding dengan pantai lainnya, yaitu memiliki air yang tawar tidak asin. Air tawar ini bersumber dari air bawah tanah yang bermuara di Pantai. Seperti kita ketahui bahwa di wilayah Wonogiri terdapat hamparan karst yang sagat luas.

karst ini sangat memungkinkan pembentukan air bawah tanah di bawah permukaan. Selain air tawarnya,daya tarik wista pantai Banyutowo ini adalah pemandangannya yang indah. Tempat Wisata Pantai Banyutowo terletak di Desa Gudangharjo Kecamatan Paranggupito Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Untuk perjalanan darat biasanya diperlukan 4 jam dari pusat Kota Wonogiri. 

5. Pesona Keindahan Objek Wisata Pantai Sembukan di Paranggupito Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Pantai Sembukan di Paraggupito Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah paranggupito juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Pantai Sembukan di Paraggupito Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Pantai Sembukan di Paraggupito Wonogiri Jawa Tengah merupakan  pantai yang terletak di Kecamatan Paranggupito Wonogiri.

Pantai ini bernama Pantai Sembukan. Panorama tempat wisata Pantai Sembukan memang sangat menawan sehingga pantai ini sudah cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan.ciri khasnya Wisata Pantai Sembukan di Paraggupito Wonogiri Jawa Tengah  adalah banyaknya batu karang yang mendominasi di bibir pantai. Hal ini menyebabkan pantai ini kurang nyaman apabila digunakan untuk mandi dan bermain air.

Namun pemandangan di sekitar yang berupa bukit-bukit kapur akan menambah eksotisme pantai di Wonogiri ini.Ada mitos yang berkembang di Pantai Sembukan Wonogiri ini, bahwa pantai ini merupakan salah satu jalur yang digunakan Nyi Roro Kidul untuk memasuki Keraton Kasunanan Surakarta.

Sehingga bagi pihak Keraton Surakarta sendiri Pantai Sembukan merupakan salah satu tempat yang dikeramatkan. Pada malam 1 Suro di Pantai Sembukan diadakan upacara Larung Ageng, yang diadakan oleh Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Keraton Kasunanan Surakarta dan masyarakat sekitar Kecamatan Paranggupito.  

6. Pesona Keindahan Objek Wisata Bukit Gantole di Sendang Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Bukit Gantole di  Sendang Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sendang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Bukit Gantole di  Sendang Wonogiri Jawa Tengah ini. di Wisata Bukit Gantole di  Sendang Wonogiri Jawa Tengah bisa melihat  indahnya pemandangan matahari tenggelam yang menampilkan lukisan alam adalah sesuatu yang tak boleh dilewatkan begitu saja.

Pantai serta dataran tinggi seperti gunung dan bukit adalah tempat-tempat terbaik untuk menikmati sunset atau matahari terbenam. Di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah ada sebuah tempat menarik untuk menikmati indahnya matahari tenggelam atau sunset. Masyarakat sekitar menyebut tempat ini dengan nama Bukit Gantole. 

Lokasi yang terletak di ketinggian membuat kita bisa menikmati salah satu obyek wisata Wonogiri dari atas, dari atas ketinggian ini kita bisa melihat Waduk Gajah Mungkur terhampar dengan luas.
merupakan sebuah bukit yang digunakan untuk landasan paralayang. Pemandangan dari tempat ini sungguh indah pada sore hari. Dari tempat ini kita bisa melihat indahnya perbukitan yang merupakan bagian dari Pegunungan Sewu. 

Hamparan hijaunya akan menghadirkan kesejukan di mata.Waktu paling tepat untuk datang ke bukit ini adalah menjelang senja antara pukul 5 dan pukul 6 sore. Sambil menunggu waktu matahari tenggelam kamu bisa menikmati sejuknya embusan angin yang akan menghadirkan ketenangan sambil menikmati indahnya pemandangan. Setelah matahari mulai beranjak ke peraduan, cahaya oranye-nya akan terlihat begitu mempesona. Janga lupa bawa kamera untuk mengabadikan pemandangan ini di Bukit Gantole.  

7. Pesona Keindahan Objek Wisata Goa Putri Kencono di Wonodadi Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Goa Putri Kencono di Wonodadi Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonodadi juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonodadi juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Goa Putri Kencono di Wonodadi Wonogiri Jawa Tengah ini.Wisata Goa Putri Kencono di Wonodadi Wonogiri Jawa Tengah  sangat menajubkan, karena mempunyai luas  1000 m2  (meter persegi). Anda dapat menikmati dengan leluasa dan panorama alam yang indah. Suasana alami  segar dan tenang. 

Tidak hanya itu keindahan lainya adalah stalagtit dan stalagmite yang sangat indah.  Stalagtit dan stalagmite khas terbentuk dalam kurun waktu yang lama. Warna dan kilauan pantulan dari stalagtit dan stalagmite memberikan aura kepada anda. 
Warna khas ini terbentuk dari bebatuan kapur di sana.terletak di desa Wonodadi termasuk Kecamatan Pracimantoro, berjarak 8 Km dari Kecamatan Pracimantoro atau 40 Km dari ibukota Kabupaten Wonogiri. Alat transportasi bisa pakai mobil pribadi atau rental di kota Wonogiri. Ada yang lain, yang lebih menantang pakai motor. Jalan yang naik turun disertai panorama alam sangat menyenangkan.


8. Keindahan Objek Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah di Girimulyo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah di Girimulyo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah girimulyo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah di Girimulyo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Air Terjun Binangun Watu Jadah di Girimulyo Wonogiri Jawa Tengah  berada di di lereng Pegunungan Lawu Selatan.   Ada dua air terjun di wilayah itu dan salah satunya merupakan air terjun yang tinggi yang dinamakan Watu Jadah.  Saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan air terjun itu. Bahkan warga sekitar pun masih ada yang belum mengetahuinya. 

Nama air terjun Watu Jadah berasal dari formasi bebatuan di sekitar air terjun yang berupa lempengan batu berbentuk kotak dan saling bertumpuk seperti jadah atau makanan yang terbuat dari ketan. Uniknya, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 m dengan tiga alliran terjunan air.Selain Air Terjun Watu Jadah tak jauh dari lokasi ini terdapat pula air terjun lain dengan nama Air Terjun Sendang Pelangi.  Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m dengan dinding bebatuannya yang berwarna warni seperti pelangi.

Nama air terjun Watu Jadah berasal dari formasi bebatuan di sekitar air terjun yang berupa lempengan batu berbentuk kotak dan saling bertumpuk seperti jadah.Selama perjalanan kaki menuju air terjun Anda akan disuguhkan pemandangan persawahan yang indah, suara burung berkicau diatas pepohonan yang rindang, ditambah dengan suara gemericik air sungai. 

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam Anda akan sampai di  air terjun yang pertama, yaitu Air Terjun Binangun. Disini terdapat 3 kubangan air yang tidaklah dalam, sehingga bisa kita pakai untuk mandi dan menyegarkan tubuh. Perjalanan diteruskan menuju Air Terjun Watu Jadah, membutuhkan sekitar 20 menit lagi untuk sampai di air terjun ini. 

9. Keindahan Objek Wisata Air Terjun Setren Girimanik di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Air Terjun Setren Girimanik di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah slogohimo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Air Terjun Setren Girimanik di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Air Terjun Setren Girimanik di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah terdiri dari tiga buah air terjun, yaitu Air Terjun Manikmoyo, Tejomoyo, dan Condromoyo. 

Air Terjun Manikmoyo mempunyai ketinggian 70 meter sedangkan Air Terjun Tejomoyo mempunyai ketinggian 30 meter.  Ketiga air terjun ini berada di sisi selatan Gunung Lawu di kawawan wisata Girimanik, Setren.Setiap tahun, di Setren dilangsungkan upacara adat Susuk Wangan, yakni upacara syukur dari warga Setren atas hasil bumi yang diraih.  Saat upacara susuk wangan itu, pengunjung  bisa melihat ratusan ayam panggang yang dipersembahkan oleh para petani kepada Sang Khalik.

Ketiga air terjun ini memiliki nama yang sendiri-sendiri Ketiga air terjun tersebut adalah Air Terjun Manik Moyo, Air Terjun Condromoyo dan Air Terjun Tinjo Moyo. Ketinggian air terjun ini berbeda-beda, perinciannya adalah sebagai berikut.

Air Terjun Manik Moyo memiliki ketinggian 70 meter, sedangkan Air terjun Condromoyo dan Tinjomoyo setinggi sekitar 30 meter. Selain air terjun, di kawasan ini juga anda dapat menikmati agrowisata berupa buah durian. Kecamatan Slogohimo merupakan salah satu kecamatan yang sangat potensial untuk dikembangkan tanaman durian.

10. Pesona Keindahan Objek Wisata Alas Khetu di Giriwono Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Alas Khetu di Giriwono Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah giriworo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Alas Khetu di Giriwono Wonogiri Jawa Tengah ini. Objek wisata alam yang berlokasi Desa Giriwono, Kecamatan Wonogiri dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar 15 menit pusat kota. Seperti namanya, maka objek wisata iniu tentu saja menawarkan panorama alam berupa hutan.

Keberadaan Alas Kethu di dekat kota Wonogiri sangat penting, sebab berfungsi sebagai paru-paru kawasan. Wonogiri yang sebagian besar wilayahnya tidak terlalu subur membutuhkan hutan sebagai penyeimbang arus industrialisasi yang terus bergerak di daerah ini. Bagi warga sekitar, Alas Kethu sering dipelesetkan menjadi Alaska, merujuk sebuah negara bagian di Amerika Serikat.

Obyek Wisata Alas Kethu terletak dekat dengan jantung Kota Wonogiri dengan panorama hutan jati, mahoni dan kayu putih seluas kurang lebih 40 Ha selain sebagai tempat wisata juga sebagai paru-paru kota Wonogiri dengan tumbuhan yang besar-besar dan rindang.

Alas Kethu sangat cocok untuk shooting pembuatan film dan sinetron laga, karena dekat dengan keraton Surakarta dan Mangkunegaran, selain itu akses untuk mencapai lokasi sangat mudah untuk dijangkau. Ajak keluarga anda berkeliling santai menikmati kesejukan Alas kenthu untuk melepas penat.
  

11. Keindahan Objek Wisata Telaga Rowo Batuwarno di Sumberejo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Telaga Rowo Batuwarno di Sumberejo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sumberejo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Telaga Rowo Batuwarno di Sumberejo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Telaga Rowo Batuwarno di Sumberejo Wonogiri Jawa Tengah merupakan obyek wisata yang ada di kota wonogiri jawa tengah.

ada telaga yang terbentuk  secara alami. Awalnya, telaga yang menampung air hujan tersebut kerap dimanfaatkan warga untuk kebutuhan air sehari-hari. Tapi, setelah ada aliran air PDAM, telaga itu mulai jarang dimanfaatkan warga.telaga tersebut tidak pernah kering dan hanya volume airnya yang berkurang. Sebelum ada telaga tersebut, Desa Sumberejo merupakan wilayah yang kekurangan air saat musim kemarau.

Dan telaga tersebut kemudian dimanfaatkan warga untuk memenuhi kebutuhan air setiap harinya.elaga yang sudah ada sekitar 100 tahun dengan luas sekitar satu hektare itu akan dikelola menjadi tempat wisata pada akhir Juli 2012. Saat ini, pihak desa telah memberi benih ikan di telaga tersebut agar bisa digunakan wisata pemancingan. Ia berharap, rencana itu dapat memberdayakan masyarakat dan mampu meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat. 

12. Keindahan Objek Wisata Telaga Caklet Selogiri di Sendang ijo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Telaga Caklet Selogiri di  Sendang ijo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah  selogiri juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Telaga Caklet Selogiri di  Sendang ijo Wonogiri Jawa Tengah ini.  Kawasan wisata ini berbatasan langsung dengan Sukoharjo, sehingga banyak yang mengira Telaga Claket menjadi bagian dari kabupaten itu. Terlebih, letaknya hanya selemparan batu dari Bendung Colo.

Telaga Claket atau juga dikenal sebagai Claket Riverside ini punya pesona indah telaga yang berpadu sempurna dengan bukit hijau di sekelilingnya. Suasana hening bercampur hembusan angin seolah membawa siapapun yang datang ke sana untuk rileks sejenak.Untuk berkunjung ke tempat ini, enggak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Biaya parkir tak dipungut serupiah pun kecuali Minggu senilai Rp2.000 dan Rp3.000 masing-masing untuk sepeda motor dan mobil.

Pengelola Telaga Claket adalah warga setempat yang tergabung dalam Kelompok Tani Maju Handramina Dukuh Ngawen, Desa Sendangijo, Kecamatan Selogiri, Wonogiri.Selain keindahan telaga, Claket Riverside juga menawarkan wisata agro bagi penghobi olahraga memancing. Di kompleks wisata yang telah buka sejak 2007 itu terdapat beberapa kolam ikan ukuran sedang. Kolam ikan ini selalu menghelat lomba mancing galatama sebanyak tiga kali dalam sepekan. 

13. Pesona Keindahan Objek Wisata Museum Karst Dunia di Gebangharjo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Museum Karst Dunia di Gebangharjo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Museum Karst Dunia di Gebangharjo Wonogiri Jawa Tengah juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Museum Karst Dunia di Gebangharjo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Museum Karst Dunia di Gebangharjo Wonogiri Jawa Tengah  terletak di Kecamatan Pracimantoro, sebelah barat berbatasan dengan Wonosari Yogyakarta. 

Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Paranggupito dan wilayah Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Wilayah selatan Kabupaten Wonogiri memang tandus karena berbatuan. Batu – batu yang terbentuk dari karang laut yang mencuat ke permukaan bumi akibat naiknya permukaan bumi saat itu.Pembangunan Museum Karst Dunia ini juga tidak terlepas dari sejarah kawasan selatan yang mempunyai kharakteristik adat budaya hampir sama. 

untuk menuju Wisata Museum Karst Dunia di Gebangharjo Wonogiri Jawa Tengah Yaitu dari Pacitan kemudian Wonogiri sampai ke Gunung Kidul Yogyakarta. Geografis tiga Kabupaten ini mempunyai banyak kesamaan. Dari kesamaan ini maka terbentu juga kerjasama tiga daerah yang disebut dengan PAWONSARI ( Pacitan, Wonogiri dan Wonosari ).

Museum Karst Dunia memberikan gambaran kehidupan zaman purba. Di dalamnya terdapat ornamen – ornamen yang dibuat sedemikian rupa yang menggambarkan kehidupan purba masyarakat sekitar. Dan juga gambar bermacam bebatuan yang menjadi ciri khas karst yang mempunyai bentuk unik dan indah.


14. Pesona Keindahan Objek Wisata Museum Wayang di Wuryantoro Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Museum Wayang di Wuryantoro Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wuryantoro juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Museum Wayang di Wuryantoro Wonogiri Jawa Tengah ini. Museum Wayang Indonesia terletak di dalam kompleks Padepokan Pak Bei Tani M Ng. Prawirowihardjo di kecamatan Wuryantoro kabupaten Wonogiri pada Jalan Raya Wonogiri – Pracimantoro km 13. Diresmikan oleh Ibu Megawati Soekarnopoetri, Presiden Republik Indonesia pada waktu itu, pada tanggal 1 September 2004.

Dan hingga kini menjadi kebanggan warga Wuryantoro. Museum ini dikelola oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri dan buka tiap hari kerja dari Senin – Sabtu pukul 07.00 – 14.00. Tiket masuknya pun gratis, alias tidak membayar.Disebut sebagai Museum Wayang Indonesia karena memiliki koleksi wayang bukan hanya dari daerah Jawa Tengah tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali. Di tempat ini tersimpan ratusan koleksi wayang aneka jenis mulai dari abad 17.

Paling tidak ada sekitar 436 buah wayang dari 15 jenis tertata rapi di museum yang berlokasi di sebelah timur Kantor Kecamatan Wuryantoro tersebut. Sebagian besar merupakan hadiah dari beberapa dalang dan kolektor wayang.Disebut sebagai Museum Wayang Indonesia karena memiliki koleksi wayang bukan hanya dari daerah Jawa Tengah tetapi juga dari daerah lain di Indonesia yaitu Jawa Barat dan Bali. Jumlah koleksi yang dimiliki sebanyak 200 buah wayang kulit purwa, wayang golek, wayang Bali, wayang klitik, wayang suket (rumput), wayang beber dari Bali, topeng, dan bakalan wayang.
  

15. Pesona Keindahan Objek Wisata Spiritual Kahyangan di Dlepih Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Spiritual Kahyangan di Dlepih Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah dlepih juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah  Wisata Spiritual Kahyangan di Dlepih Wonogiri Jawa Tengah ini.  Wisata Spiritual Kahyangan di Dlepih Wonogiri Jawa Tengah  merupakan sebuah kawasan yang terdapat di Wonogiri di tengah hutan alam yang masih asri. Di lokasi ini nuansa mistis sangat terasa.

Tempat ini memiliki daya tarik terseniri untuk dijadikan sebagai tempat bermeditasi karena menurut kepercayaan masyarakat, Kahyangan merupakan petilasan Panembahan Senopati sebelum menjadi Raja Mataram. merupakan sebuah kawasan yang terdapat di Wonogiri di tengah hutan alam yang masih asri. Di lokasi ini nuansa mistis sangat terasa. Tempat ini memiliki daya tarik terseniri untuk dijadikan sebagai tempat bermeditasi karena menurut kepercayaan masyarakat, Kahyangan merupakan petilasan Panembahan Senopati sebelum menjadi Raja Mataram.

Destinasi wisata Kahyangan merupakan tempat petilasan Raja-Raja tanah Jawa. Tempat ini dikenal sebagai tempat Danang Suto Wijoyo mendapatkan wahyu yang di kemudian hari dikenal sebagai raja bergelar Panembahan Senopati. Tak berhenti sampai di sini, Kahyangan juga dikenal sebagai tempat dimana Panembahan Senopati mengadakan perjanjian dengan Kanjeng Ratu Kidul untuk bersama-sama membabangun pemerintahan di Jawa.

16. Pesona Keindahan Objek Wisata Sendang Asri di Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Sendang Asri di Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sendang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Sendang Asri di Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Sendang Asri di Wonogiri Jawa Tengah ini merupakan salah satu wisata favorit berbagai kalangan. Bertempat di tepian Waduk Gajah Mungkur merupakan lokasi yang cukup strategis sehingga memudahkan para pengunjung menemuinya.

Wisata ini hampir tidak pernah sepi, pengunjung selalu memadati lokasi ini setiap hari. Para pedagang juga terlihat berjualan secara rapi untuk menyediakan kebutuhan kuliner.erdapat berbagai fasilitas wahana yang telah disediakan seperti taman satwa langka, kolam renang, kereta kelinci. Bukan hanya itu, Water boom juga ada dengan berbagai macam permainan airnya.

Wahana tersebut memanjakan para wisatawan yang akan menghabiskan hari liburnya dengan bermain dengan air. Ditambah dengan biaya yang terjangkau, wisatawan sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang telah tersedia. Wahana air ini tidak pernah kesepian oleh para pengunjung pasalnya dilihat dari seluruh fasilitas yang disediakan serta lokasi yang cukup strategis membuat pengunjung tidak henti-hentinya berkunjung. Lokasi Sendang asri Gajah Mungkur ini di Jalan Raya Wonogiri, Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri.

17. Pesona Keindahan Objek Wisata Papan Luncur Gantole di Sendang Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Papan Luncur Gantole di Sendang Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah sendang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalahWisata Papan Luncur Gantole di Sendang Wonogiri Jawa Tengah ini.  Gantole dan paralayang merupakan salah satu olahraga yang cukup menantang sehingga diperlukan nyali yang tinggi. Di Kabupaten Wonogiri juga terdapat tempat khusus yang dapat digunakan untuk olahraga gantole ini.

Tempat ini berada di bukit Desa Sendang. Arena papan luncur ini sudah biasa digunakan oleh atlet gantole dan paralayang tingkat jawa Tengah. Ada 2 tingkat ketinggian, yaitu 200 meter dan 400 meter. Bagi anda yang ingin mencoba olahraga ini dapat langsung datang ke Wonogiri.

Gantole ini digunakan sebagai tempat olahraga paralayang, namun karena keindahannya tempat ini juga sering dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan luasnya perairan Waduk Gajah Mungkur. 

Gantole terdiri dari dua lokasi berbeda, yaitu Gantole atas dan Gantole bawah. Dua-duanya sama-sama indah, namun berdasarkan keterangan wisatawan yang datang, mereka lebih senang berada dibawah, karena pemandangan perairan Waduk Gajah Mungkur bisa lebih terlihat jelas. senang diantara gantole bawah dan yang atas lebih indah yang dibawah, karena pemandangan Waduk Gajah Mungkur bisa lebih terlihat dengan jelas

18. Pesona Keindahan Objek Wisata Watu Plinteng Semar di Giripurwo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Watu Plinteng Semar di Giripurwo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah giripuro juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Watu Plinteng Semar di Giripurwo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Watu Plinteng Semar di Giripurwo Wonogiri Jawa Tengah merupakan salah satu obyek wisata di kota wonogiri jawa tengah,yaitu  sebuah batu raksasa yang dikenal sebagai Plintheng Semar.

Batu raksasa yang berada di dekat pohon asam itu diameternya tak cukup jika dirangkul tiga orang dewasa. 
Lokasi Plintheng Semar masuk kawasan Taman Selopadi di sisi barat Jl. Ahmad Yani tak jauh dari perempatan Ponten pusat kota Wonogiri. Berjarak kurang lebih 10 meter dari batu raksasa itu berdiri patung semar berposisi agak membungkuk dengan jari tangan kanan menunjuk ke timur atau ke arah jalan raya dan tangan kiri disandarkan di pinggul belakang.

Plintheng dalam bahasa Indonesia berarti ketapel atau alat pelontar batu atau sejenisnya. Sedangkan Semar adalah tokoh pewayangan yang juga bapak dari tiga anaknya, yakni Bagong, Petruk, dan Gareng yang lazim disebut Punakawan.

Versi lain diceritakan Semar yang merupakan dewa bersama tiga anaknya menjaga Pandawa saat bermeditasi di Grojogan Sewu, Tawangmangu (Kabupaten Karanganyar). Lalu muncul raksasa yang ingin memakan Pandawa.

Semar yang mengetahui hal itu berusaha melindungi Pandawa. Keduanya akhirnya berperang. Raksasa ternyata sangat sakti. Semar menggunakan senjata kentutnya, tapi tak mempan. Akhirnya semar membuat plintheng sakti. Dengan plintheng itu raksasa kalang kabut. 

19. Pesona Keindahan Objek Wisata Cagar Alam Danalaya di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Cagar Alam Danalaya di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah slogohimo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Cagar Alam Danalaya di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Cagar Alam Danalaya di Slogohimo Wonogiri Jawa Tengah merupakan obyek wisata yang di gemari oleh penduduk sekitar kota wonogiri jawa tengah.

 fenomena hutan yang namanya donoloyo sejak  tahun 80an sudah terkenal hutan jati yang lumayan luas dan tiap bulan puasa tiap hari sabtu dan minggu ratusan muda-mudi menggunakan alas donoloyo tersebut untuk refresing jalan-jalan / menikmati kehidupan dan banyak juga setelah liburan di alas donoloyo menemukan pasangan kekasih.

alas donoloyo sendiri tepatnya berada di wilayah desa watusomo kecamatan slogohimo kabupaten wonogiri jawa tengah negara indonesia. dengan kawasan seluas ± 8,03 Ha. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam berdasarkan SK Menteri Kehutanan No. Surat Brigade Planologi Kehutanan No. 1160/V/6/P1.k tanggal 30 Maret diperkuat dengan SK Penunjukan Menteri Kehutanan No. SK.359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.

Cagar Alam ini berada di daerah pesisir bertektur pasir hitam. Kawasan konservasi ini memiliki temperatur harian berkisar antara 81-89%, dengan curah hujan rata-rata Rata-rata 3.000 - 3.300 mm/tahun.  
  

20. Pesona Keindahan Objek Wisata Religi Gua Maria di Giriwoyo Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Religi Gua Maria di Giriwoyo Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah platarejo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Religi Gua Maria di Giriwoyo Wonogiri Jawa Tengah ini. Wisata Religi Gua Maria di Giriwoyo Wonogiri Jawa Tengah  terletak antara jalur Giriwoyo dan Pracimantoro tidak jauh dari kantor kecamatan Giriwoyo, dekat gereja St. Ignatius Danan, ada papan nama kecil di pinggir jalan yang menunjukkan lokasi gua Maria Ratu Kenya.

Tidak ada petunjuk jalan yang jelas untuk ke desa/kota kecil itu, bahkan papan petunjuk arah ke Gajah Mungkur-pun tidak ada, jadi pasang mata baik-baik lihat papan nama alamat sepanjang jalan dan bertanya jika diperlukan.

Gua maria sudah diperbaiki beberapa kali, jadi gua  Maria Ratu Kenyo perpaduan antara nuansa alam dan bangunan moder'n. Dari sejarahnya, Gua Maria Sendang Ratu Kenya atau Tempat Doa Hati Ibu yg Bahagia memang istimewa, apalagi jika anda percaya bahwa tempat inilah yang ditunjuk secara khusus oleh Bunda Maria sebagai tempat doa atau ziarah bagi umat Katolik di Indonesia. 

21. Pesona Keindahan Objek Wisata Gua Ngantap di Giritontro Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Gua Ngantap di Giritontro Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah bayemharjo juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota  wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Gua Ngantap di Giritontro Wonogiri Jawa Tengah ini Wisata Gua Ngantap di Giritontro Wonogiri Jawa Tengah terletak di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Wilayah Wonogiri memiliki hamparan karst yang cukup luas seperti daerah-daerah sekitarnya (Gunungkidul dan Pacitan Jatim), sehingga wilayah ini juga memiliki potensi wisata goa yang cukup menarik.

Sampai saat ini pun masih ditemukan beberapa goa baru yang sedang dikaji untuk dijadikan wisata bagi para peminat goa. Goa Ngantap sendiri merupakan salah satu goa yang sudah lama ditemukan, terlebih dengan ukuran yang tergolong sangat besar. Namun demikian, perhatian dan minat wisatawan sendiri tampaknya masih kurang bahkan untuk menuju goa ini, kami tidak menemukan penunjuk arah yang jelas.

Goa ini berbentuk seperti cerugan (cekungan kedalam) yang di dalamnya terdapat ruangan yang cukup luasdan tinggi. Beberapa bebatuan didalamnya masih dialiri air, bahkan tetesan air tersebut juga dimanfaatkan warga sekitar untuk keperluan air bersih. 

22. Pesona Keindahan Objek Wisata Sendang Siwani di Selogiri Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Sendang Siwani di Selogiri Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah selogiri juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalahWisata Sendang Siwani di Selogiri Wonogiri Jawa Tengah ini.Air di sendang tersebut diyakini sebagian masyarakat memiliki tuah yang bisa mewujudkan permohonan. Kepercayaan itu tidak terlepas dari cerita masa lalu yang melingkupinya.

Dahulu kala sendang itu diyakini sebagai sumber kekuatan bagi Raden Mas Said beserta para prajuritnya saat berperang gerilnya melawan penjajah Belanda.Menurut penuturan Bapak Demang Supardi Juru Kunci Sendang Siwani, bahwa suatu saat Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa mengalami kekalahan ketika perang melawan VOC. Dia bersama pasukannya bersembunyi di suatu tempat di dekat sebuah sumber air. Ketika dia sedang samadi, pada saat yang sama ada dua ekor kerbau jantan sedang berkelahi, seekor kerbau muda melawan seekor kerbau besar dan kekar.

Kerbau yang muda kalah berkelahi sampai tanduknya sengkleh (rusak) satu dan kemudian berlari menuju ke sumber air yang ada di dekat Raden Mas Said dan meminumnya. Setelah minum air sumber tadi sang kerbau muda yang kalah menjadi berani dan berkelahi lagi dengan kerbau jantan yang lebih besar tadi. Akhirnya kerbau muda tadi menang dan mengejar kerbau yang lebih besar tadi melarikan diri sampai terbirit-birit.
Mengamati hal tersebut, Raden Mas Sahid merenung dan mendapatkan cara untuk membangkitkan kembali semangat anak buahnya.

23. Pesona Keindahan Objek Wisata Alun Alun Kota Wonogiri Jawa Tengah


Wisata Alun Alun Kota Wonogiri Jawa Tengah merupakan tempat wisata yang harus anda kunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah wonogiri juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Kota wonogiri juga terkenal akan keindahan obyek wisatanya , salah satu contohnya adalah Wisata Alun Alun Kota Wonogiri Jawa Tengah ini.  Alun-Alun adalah tanah lapang yang luas di muka keraton atau di muka tempat kediaman resmi bupati.

Dalam budaya Jawa,rumah kediaman raja selalu dilengkapi dengan sebidang alun-alun yang merepresentasikan konsep ketuhanan,atau dalam ruang kosong ada kehidupan yang dilambangkan dengan pohon beringin.Alun-Alun Wonogiri yang bernama Giri Krida Bakti terletak di depan pendopo kabupaten atau di sebelah timur Masjid At Taqwa.

Dalam perkembangannya tempat tersebut telah banyak berubah. Jika dahulu di era awal 2000an keadaan di sekitarnya masih terbilang masih sepi,tetapi seiring berjalannya waktu telah banyak berubah secara signifikan.

Tempat itu kini menjadi salah satu destinasi warga Wonogiri untuk hang out atau kongkow-kongkow di malam hari. Menjamurnya para pedagang kuliner di sekitarnya juga menjadi faktor pendukung ramainya tempat tersebut di waktu malam. 

Omah Jungkir

omah jungkir wonogiri
omah jungkir di wonogiri. foto : @nur182nella

Tempat wisata di Wonogiri pertama yang harus kamu kunjungi, terutama bagi pecinta selfie adalah Omah Jungkir yang terletak di kawasan Waduk Gajah Mungkur.

Omah Jungkir mengusung konsep yang sama dengan Upside Down World Jogja, yaitu berupa ruangan terbalik lengkap dengan perabotannya. Jadi di Omah Jungkir Wonogiri ini kita bisa berfoto dengan pose terbalik.

Bukit Cumbri

foto bukit cumbri wonogiri
yuk melihat indahnya wonogiri ketika diselimuti kabut. foto : @haaliiim

Tempat wisata di Wonogiri kedua adalah Bukit Cumbri, Bukit Cumbri merupakan sebuah bukit yang tak terlalu tinggi, objek wisata alam Bukit Cumbri menawarkan pemandangan yang sangat mempesona lho.

Bukit Cumbri terletak di perbatasan Wonogiri dan Probolinggo, namun jalur pendakian populer adalah di Wonogiri.

Untuk sampai di puncak kita harus mendaki dengan waktu sekitar 1 jam, tergantung kecepatanmu berjalan, tempat wisata Wonogiri satu ini populer setelah foto-foto kerennya tersebar luas di media sosial seperti facebook dan instagram.


baca juga : 
Bukit Cumbri, spot keren untuk melihat sunrise dari ketinggian di Wonogiri


Waduk Gajah Mungkur

foto waduk gajah mungkur wonogiri
pemandangan waduk gajah mungkur. foto : @madeantari

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya merupakan Waduk Gajah Mungkur, siapa yang tidak tahu dengan Waduk Gajah Mungkur.

Semua masyarakat Wonogiri tentunya mengetahuinya, Waduk Gajah Mungkur menjadi tempat wisata paling populer di Wonogiri karena memiliki pemandangan yang indah.

Waduk yang memiliki luas sekitar 8800 Ha ini mengairi persawahan di beberapa Kabupaten lainnya seperti KaranganyarKlaten, Sragen dan Sukoharjo.

Di waduk yang sangat luas tersebut kita bisa melakukan beberapa hal seperti bersantai di pinggir waduk, berkeliling menggunakan perahu atau hunting foto.

Fasilitas yang tersedia di tempat rekreasi ini juga terbilang lengkap lho, jadi selain berkeliling menggunakan perahu kamu juga bisa menikmati pemandangan dari atas dengan gantole.

Tak hanya itu kamu juga bisa mencicipi ikan-ikan hasil tangkapan di Waduk Gajah Mungkur ini, waduk tersebut juga menjadi salah satu tempat wisata di Wonogiri yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.




Pantai Nampu

foto pantai nampu wonogiri
pantai nampu, wisata di wonogiri yang wajib dikunjungi. foto : @indradharmawan17

Jika kamu pecinta wisata pantai, tenang, sebab karakteristik Wonogiri yang hampir mirip dengan Gunung Kidul menjadikan daerah ini dianugerahi pantai-pantai indah, salah satu pantai indah di Wonogiri adalah Pantai Nampu.

Pantai Nampu memiliki karakteristik khas pantai laut selatan pulau jawa, yaitu pasir putih dan bukit-bukit karst disekelilingnya, keindahan yang dimiliki objek wisata Pantai Nampu menjadikannya sebagai primadona tempat wisata di Wonogiri.

Walaupun terbilang cukup jauh dari pusat kota Wonogiri, yaitu tepatnya di Desa Dringo, Kelurahan Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, namun keindahan Pantai Nampu selalu menarik hati wisatawan, selain itu aksesnya yang mudah juga menjadi alasan kenapa Pantai Nampu cukup favorit.



Pantai Banyutowo

foto sunrise di pantai banyutowo wonogiri
sunrise di pantai banyutowo. foto : @inirifan

Jika kamu sudah pernah berkunjung ke Pantai Baron di Gunung Kidul, pasti kamu tahu ciri khas dari pantai tersebut, ya, di Pantai Baron terdapat sebuah aliran sungai air tawar yang mengalir langsung ke laut.

Sama halnya dengan Pantai Banyutowo, di tempat wisata Wonogiri satu ini kita juga bisa melihat pertemuan antara air tawar dengan air asin.

Pantai Banyutowo memiliki pemandangan alam yang sangat mempesona, walaupun masih kalah populer dengan Pantai Nampu tapi nyatanya Pantai Banyutowo tak pernah sepi dari pengunjung lho.



Pantai Sembukan

foto pantai sembukan wonogiri
pemandangan dari atas bukit. foto : @angelina_kusuma

Tempat wisata Wonogiri lainnya, masih dengan objek wisata pantai, di Wonogiri terdapat satu lagi pantai dengan pemandangan alam yang sangat indah, yaitu Pantai Sembukan.

Pantai Sembukan terletak Desa Sembukan, Kecamatan Paranggupito, bagi kamu yang menyukai suasana tenang di pinggir pantai, maka kamu wajib berkunjung ke Pantai Sembukan.

Menurut cerita, Pantai Sembukan menjadi gerbang ke-13 dari kerajaan Ratu Pantai Selatan, karena itu ketika malam satu syura Pantai Sembukan selalu ramai oleh wisatawan yang ingin melihat upacara Labuhan Ageng.



Pantai Dadapan

pantai dadapan wonogiri
pemandangan di pantai dadapan. foto : @sadullah_hasan

Sebenarnya di Wonogiri terdapat banyak sekali pantai-pantai keren yang bisa kita kunjungi, tapi karena minimnya informasi dan fasilitas membuat pantai-pantai tersebut kurang diminati oleh wisatawan.

Salah satu wisata pantai di Wonogiri yang cukup direkomendasikan adalah Pantai Dadapan. pantai yang terletak di Kecamatan Paranggupito ini memiliki pemandangan alam yang masih alami lho, sangat cocok dikunjungi bagi kamu yang menyukai suasana sepi.

Oh iya, sebenarnya Pantai Dadapan terletak di Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul yang berbatasan langsung dengan Wonogiri, karena lokasinya yang sangat dekat dengan Wonogiri jadi kami memasukannya kedalam daftar wisata Wonogiri.




Pantai Njujugan

pantai njujugan wonogiri
pemandangan pantai njujugan dari atas tebing. foto : teamtouring.net

Pantai Njujugan terletak di sebelah timur Pantai Dadapan, Pantai Njujugan ini masih termasuk dalam Kabupaten Wonogiri kok.

Di Pantai Njujugan kita bisa melihat pemandangan laut lepas dari atas tebing. Walaupun masih kurang populer, tapi tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pantai Njujugan, terlebih bagi kamu pecinta petualangan.




Bukit Gantole

foto bukit gantole wonogiri
mirip pemandangan dari gunung lembu ya. foto : @evan_ehsannudin

Kamu penyuka wisata memacu adrenalin? Nih, salah satu tempat wisata di Wonogiri yang sangat cocok kamu kunjungi, yaitu Bukit Gantole, merupakan sebuah tempat yang menjadi landasan paralayang dan gantole, bukit Gantole ini memiliki ketinggian sekitar 400 meter diatas permukaan laut.

Objek wisata Bukit Gantole terletak di Desa Sendang, bagi kamu yang takut bermain paralayang pun tak masalah berkunjung kesini, selain bermain paralayang di Bukit Gantole kita juga bisa melihat panorama alam Wonogiri yang sangat mempesona.

Dari puncaknya kita bisa melihat megahnya Waduk Gajah Mungkur dan pemandangan kota Wonogiri dari ketinggian, untuk mendapatkan pemandangan yang indah kamu bisa berkunjung di sore hari, maka pemandangan sunset menawan akan menyambutmu dengan sinarnya yang mulai memudar.



Goa Putri Kencono

foto gao putri kencana wonogiri
yuk menyusuri perut bumi. foto : @saputreea

Tempat wisata di Wonogiri memang tidak hanya menawarkan wisata pantai dan bukit saja, bagi kamu yang tidak terlalu menyukai wisata ketinggian, ada alternatif lain yaitu wisata menyusuri perut bumi.

Di Wonogiri terdapat sebuah goa bernama Goa Putri Kencono yang terletak di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro.

Goa Putri Kencono memiliki luas sekitar 1000 meter, didalam goa ini kita bisa melihat keindahan bebatuan stalagmit dan stalagnit, Goa Putri Kencono juga menjadi salah satu objek wisata di Wonogiri yang cukup favorit, terutama bagi yang menyukai susur goa.

Baca Juga :
mitos dan fakta tentang Gunung Lawu yang harus kamu tahu

Air Terjun Binangun Watu Jadah

foto air terjun watu jadah wonogiri
air terjunnya unik ya. foto : @notobudiyanto

Bosan dengan wisata alam berupa pantai dan pegunungan, kini saatnya kamu mengalihkan pandangan ke wisata alam berupa air terjun, di Wonogiri terdapat banyak sekali air terjun dengan pemandangan yang keren.

Salah satu air terjun yang cukup populer di Wonogiri adalah Air Terjun Binangun Watu Jadah, tempat wisata di Wonogiri ini terletak di Dusun Grenjeng, Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, Air Terjun Binangun Watu Jadah memiliki pemandangan dan suasana yang masih alami.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun kita harus berjalan kaki sekitar 1 jam, sesampainya di tempat tujuan kita akan disambut dengan keindahan air terjun yang tidak terlalu tinggi ini, segarnya air dan sejuknya udara akan membuatmu betah berlama lama.



Air Terjun Setren Girimanik

foto air terjun setren
tertarik kesini? foto : @halabayu

Objek wisata di Wonogiri lainnya adalah Air Terjun Setren Girimanik yang terletak di Desa Setren Kecamatan Slogohimo, hanya berjarak sekitar 30 km sebelah timur dari kota Wonogiri.

Air Terjun Setren sudah cukup terkenal di Wonogiri, setiap harinya tempat wisata satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama kalangan anak muda.

Berbeda dengan Air Terjun Binangun tadi, Air Terjun Setren lebih tinggi namun memiliki pemandangan alam yang hampir sama, kerennya lagi, dikawasan ini kita bisa menemukan tiga air terjun sekaligus.

Yaitu air terjun Manik Moyo yang memiliki tinggi 70 meter, air terjun Tinjo Moyo dengan ketinggian sekitar 30 meter, serta air terjun Condromoyo, Air Terjun Setren Girimanik menjadi salah satu tempat wisata Wonogiri yang tak boleh kamu lewatkan.



Jurug Kemukus

jurug kemukus wonogiri
keren ya air terjunnya. foto : @restu3wi

Jurug Kemukus terletak di Kecamatan Karangtengah, wisata Wonogiri satu ini memang belum terlalu populer baik dikalangan wisatawan luar daerah maupun wisatawan lokal Wonogiri sendiri, padahal pemandangan yang ditawarkan Jurug Kemukus cukup indah dan alami.

Tapi sayangnya untuk bisa menikmati keindahan Jurug Kemukus ini perlu tenaga ekstra, karena kita harus mendaki di tebing berketinggian sekitar 40 meter sebelum bisa sampai di lokasi Jurug Kemukus.




Wisata Wonogiri Alas Khetu



foto sunrise di alas kethu wonogiri
cocok buat hunting foto. foto : @ronindio

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk traveling, di dekat pusat kota Wonogiri terdapat sebuah tempat bernama Alas Khetu, objek wisata di Wonogiri tersebut merupakan sebuah hutan kota yang menjadi paru-paru dan resapan air Kabupaten Wonogiri.

Selain fungsi utamanya tersebut, Alas Khetu juga menjadi tempat wisata murah meriah di Wonogiri, disini kita bisa bersantai menjauh sejenak dari kebisingan kota dengan menikmati udara segar ditengah hutan, tak hanya itu saja, Alas Khetu juga menjadi lokasi penelitian dan observasi lho.




Telaga Rowo Batuwarno

foto telaga rowo wonogiri
telaga rowo batuwarno. foto : www.timlo.net

Wisata di Wonogiri lainnya adalah Telaga Rowo Batuwarno, merupakan sebuah danau yang sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi bersama keluarga, di objek wisata Wonogiri satu ini kita bisa berkeliling danau menggunakan sepeda air, memancing, hingga menikmati sajian kuliner khas Wonogiri.

Telaga Rowo Batuwarno berlokasi di Desa Sumberejo Kecamatan Batuwarno, objek wisata ini memang sangat diperhatikan oleh Pemerintah setempat menjadikannya terlihat cukup terawat dengan berbagai fasilitas penunjang.



Wisata Wonogiri Telaga Caklet Selogiri

foto telag caklet selogiri wonogiri
nyantai di pinggir danau. foto : @asrinardika

Telaga Ceklet Selogiri merupakan sebuah objek wisata di Wonogiri yang berupa danau buatan dan terletak di Desa Sendang Ijo, Kecamatan Selogiri, tempat wisata satu ini biasanya dijadikan sebagai lokasi foto prewedding karena pemandangan alamnya yang cukup indah.

Biasanya wisatawan yang datang kesini adalah kalangan anak muda dan penyuka kegiatan memancing, walaupun tempat wisata Telaga Caklet Selogiri masih kalah populer dengan objek wisata lainnya.

Tapi tak ada salahnya untuk berkunjung disini, sebab tidak hanya menikmati keindahan danau saja, tapi kita juga bisa bermain outbond lho.


Wisata Wonogiri Museum Karst Dunia

foto museum karst wonogiri
serasa didalam goa beneran ya. foto : @tikionly

Bagi pecinta sejarah dan alam sekaligus, Wonogiri memiliki tempat wisata yang sangat cocok kamu kunjungi, yaitu Museum Karst Dunia.

Di museum ini kita bisa melihat miniatur-miniatur goa dan dataran tanah, selain itu Museum Karst juga menyediakan diorama dan film dokumenter yang bisa kita tonton.

Karst yang berupa pegunungan kapur tersebut membentang dari gunungkidul, pacitan dan sampai ke wonogiri, museum ini dibangun dengan tujuan sebagai media informasi tentang kawasan karst untuk kepentingan edukasi dan penelitian.

Museum Karst Dunia ini terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, untuk orang-orang yang memandang goa sebagai tempat yang tak menarik, maka kamu wajib datang kesini.

Di Museum Karst pandanganmu tentang goa akan berubah, objek wisata di Wonogiri satu ini sangat cocok untuk berwisata sambil belajar.



Wisata Wonogiri Museum Wayang Indonesia

foto museum wayang wonogiri
yuk mengenal lebih dekat dengan wayang. foto : @lindsnizzle

Tempat wisata di Wonogiri selanjutnya, terdapat sebuah objek wisata bernama Museum Wayang Indonesia yang menampilan berbagai macam koleksi wayang mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang suket, topeng dan masih banyak lainnya.

Tempat wisata Museum Wayang Indonesia sangat cocok dikunjungi bersama keluarga dan anak-anak agar mereka lebih mengenal mengenai wayang tradisional Indonesia yang kini sudah mulai terlupakan.

Museum Wayang terletak di Kecamatan Wuryantoro, Museum juga ini menjadi sarana wisata dan edukasi di Wonogiri.



Wisata Wonogiri Spiritual Kahyangan

foto wisata kahyangan wonogiri
yuk berwisata religi. foto : aliceellis50.wordpress.com

Tempat wisata di Wonogiri tak hanya berupa wisata alam saja, melainkan juga terdapat wisata religi, Wonogiri memang memiliki beraneka ragam jenis wisata.

Salah satu wisata Religi populer di Wonogiri adalah Wisata Spiritual Kahyangan yang pernah menjadi salah satu tempat ritual petilasan Raden Mas Said alias Mangkunegaran I yang dijadikan lokasi meditasi serta ngalap berkah pada hari-hari tertentu.

Pada malam Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon setiap bulan Suro, diadakan ritual Sedekah Bumi yang dilanjut dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, Wisata Spiritual Kahyangan ini terdapat di Kecamatan Tirtomoyo.



Wisata Wonogiri Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur



foto sendang asri wonogiri
ini bagian luarnya. foto : wngwisata.blogspot.com

Bosan dengan wisata alam dan sejarah, tenang, Wonogiri masih memiliki jenis wisata lainnya yang tak kalah keren untuk kita kunjungi, salah satunya adalah Sendang Asri, yaitu sebuah waterpark yang berlokasi di Desa Sendang.

Walaupun tidak terlalu luas, namu Sendang Asri memiliki banyak wahana seru yang bisa kita coba seperti lazy river, ember tumpah, dan masih banyak lainnya, uniknya wisata Wonogiri satu ini terletak disebelah Waduk Gajah Mungkur yang menjadikan pemandangan kian menarik.


Wisata Alam Goa Ngantap Wonogiri

goa ngantap wonogiri
pemandangan didalam goa. foto : http://wisata-alam-murah.blogspot.co.id/

Goa Ngantap ini merupakan salah satu wisata alam yang cukup menarik untuk kita kunjungi, goa yang terletak di Desa Bayemharjo, Kecamatan Giritontro, Kabupaten Wonogiri ini walaupun masih kurang populer namun ternyata memiliki pemandangan yang cukup indah lho.

Karena kurang populernya inilah yang menjadikan pemandangan dan suasana di Goa Ngantap terlihat masih alami, di dalam Goa Ngantap kita bisa melihat cantiknya bebatuan stalagnit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa.

Sendang Siwani

Sendang Siwani wonogiri
Sendang Siwani wonogiri
Desa Singodutan, Kecamatan Selogiri, 6 km dari Kota Wonogiri, merupakan petilasan KGPAA Mangkunegoro I dalam perang gerilya melawan Belanda.

Museum Wayang Kulit  Wonogiri Indonesia

Museum Wayang Kulit Wonogiri Indonesia
Museum Wayang Kulit Wonogiri Indonesia
Peta lokasi Museum Wayang Kulit Wonogiri: klik disini
Museum Wayang Kulit Wuryantoro merupakan museum yang berlokasi di Kecamatan Wuryantoro Kabupaten Wonogiri.
Jaraknya sekitar 15 km dari kota Wonogiri dengan waktu tempuh 30 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi.
Museum Wayang Indonesia memiliki koleksi wayang tidak hanya dari Jawa Tengah tapi juga dari daerah lain di Indonesia. Di Museum ini tersimpan ratusan koleksi wayang aneka jenis dari abad 17. Sekiar 436 buah wayang dari 15 jenis yang tertata di museum yang terletak disebelah timur Kantor Kecamatan Wuryantoro.

Museum Karst Dunia

Museum Karst Dunia - tempat wisata wonogiri
Museum Karst Dunia – tempat wisata wonogiri
Desa Gebangharjo, Pracimantoro, 38 km dari Kota Wonogiri.
Museum Karst Pracimantoro terletak di desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Museum ini terunik
dan terbesar di Indonesia. Letaknya di kawasan perbukitan gamping,dengan hamparan sawah serta hutan jati disekitarnya.
Tujuan Wisatawan ke museum ini agar dapat belajar mengenai batuan karst dan sejarah gua.Ada 7 gua yang mengelilingi museum ini yaitu Gua tembus,gua Mrico/Mrica,Gua Sodong,Gua Gilap,Gua Luweng Sapen,Gua Sonya Ruri, dan Gua Potro Bunder

Gua Putri Kencana

Gua Putri Kencana wonogiri
Gua Putri Kencana (foto: wonogirikab.go.id)
Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, 40 Km dari Kota Wonogiri, dengan hiasan stalagtit dan stalagmit pada dinding gua yang sangat indah.
Toko Busana Keluarga Muslim
GRIYA HILFAAZ 
Toko Busana Keluarga Muslim