Close

Inilah Yang Membuat Madu Berkualitas

Madu Asli



Kelebihan Madu dibandingkan dengan Gula
      
Madu mempunyai rasa yang lezat, bau yang menyegarkan serta memiliki nilai pengobatan yang tinggi. Madu dapat memperpanjang umur (membuat awet muda), berbeda dengan penggunaan gula biasa atau makanan harian lainnya. Di antara kelebihan madu dibandingkan dengan gula biasa adalah sebagai berikut:
    Tidak menyebabkan iritasi (peradangan) pada saluran pencernaan.
    Mudah dan cepat diasimilasi.
    Cepat memenuhi permintaan tenaga dalam waktu singkat.
    Mudah ditangani oleh ginjal.
    Mempunyai efek laksatif (pencahar) ringan dan sifatnya alamiah.
    Memiliki efek sedativ (mengurangi ketegangan dan kecemasan).
        Perbedaan rasa yang terdapat pada madu disebabkan karena adanya perbedaan iklim, tempat dan musim di mana madu tersebut dihasilkan. Cuaca, udara, bunga dan tanah juga memainkan peranan pada jenis warna dan rasa madu karena berbedanya jenis madu yang dihisap dari bunga yang berbeda.
        Warna madu, jernih menyerupai kejernihan warna air hingga menjadi pekat kekuningan. Prof. H.A Schuette, menyatakan bahwa madu yang berwarna gelap disebabkan karena kandungan tembaga dan besi yang lebih banyak dibandingkan dengan madu yang berwarna lebih cerah.
       
Madu yang baik (madu asli) memiliki kadar air yang kurang dari 20 %. Madu yang berasal dari bunga tanaman kurma, pohon Tin dan pohon Zaitun memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan pohon-pohon lainnya.
        Pohon Tin dan Zaitun adalah pohon yang banyak barokahnya. Bahkan buahnya-pun dapat langsung dijadikan obat. Rasulullah saw bersabda : “Makanlah buah Tin, karena sesungguhnya ia mencegah bawasir dan memberi faedah kepada kesakitan pada sendi – sendi.” (H.R Abu Darda’)
        Rasulullah saw juga bersabda : “Makanlah buah zaitun dan gunakanlah minyaknya, karena ia adalah buah yang manyak barakahnya.” (H.R Tirmidzi dan Ibnu Majh dari Abu Hurairah r.a)
        Diceritakan bahwa ‘Auf bin Malik al asyja’ie sewaktu sakit ditawarkan kepadanya apakah ia perlu dirawat. Maka ia menjawab : “Berikan saya air kaena Allah berfirman : “Dan Kami telah menurunkan dari langit air (hujan) yang banyak berkahnya.” (Q.S Qaaf (50) :9)
        Dan berilah saya madu, Karena Allah swt berfirman :
“…di dalamnya terdapat penawar (obat) yang menyembuhkan bagi manusia.” (Q.S An-Nahl (16): 69.
        Dan berilah saya minyak zaitun, karena Allah swt berfirman : “….dari pohon yang banyak barakahnya, (yaitu) pohon zaitun.” (Q.S Nur (24) : 35)


Untuk mendatkan madu HPA berkualitas standar internasional silahkan klik
Madu Asli